Pantai · Yogyakarta

Jalan-Jalan ke Pantai Sundak

Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki beragam destinasi wisata menarik adalah Gunung Kidul. Berbagai destinasi wisata dapat ditemui di kabupaten ini mulai dari pantai, goa, desa wisata, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang menarik, salah satunya adalah Pantai Sundak.

Pantai SUndak
dok. pribadi

Pertengahan November lalu saya berkesempatan untuk mencicipi surga Tuhan di dunia ini dengan mengunjungi Pantai Sundak. Pantai tersebut terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak tempuh Pantai Sundak dari Kota Yogyakarta kurang lebih memakan waktu dua setengah jam dengan moda transportasi sepeda motor. Sementara bila ditempuh dengan mobil atau bus memakan waktu sekitar tiga jam. Perjalanan menuju Pantai Sundak akan melewati jalanan berkelok dengan berbagai pemandangan yang salah satunya adalah perbukitan kapur. Bukan itu saja, perjalanan menuju Pantai Sundak juga akan memacu adrenalin karena banyaknya tanjakan dan turunan curam. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena jalanan menuju pantai tersebut cukup halus tidak berlubang dan tentu saja akan terbayar lelahnya perjalanan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan.

dok. pribadi
dok. pribadi

Salah satu unsur yang mempercantik pemandangan Pantai Sundak adalah hamparan pasir putihnya. Selain berpasir putih, Pantai Sundak tergolong berombak kecil sehingga tidak berbahaya bagi wisatawan yang ingin bermain air. Lalu air di Pantai Sundak juga bening sehingga karang-karang di dasar pantai ini dapat terlihat secara jelas.

dok. pribadi
dok. pribadi

Kemudian bagi wisatawan yang ingin bersantai di atas pasir putih, di sepanjang Pantai Sundak juga tersedia jasa sewa payung dan tikar. Cukupย membayar Rp. 20.000,- saja wisatawan sudah bisa bersantai tanpa dibatasi waktu sewa. Kemudian bagi wisatawan yang ingin melihat pemandangan Pantai Sundak dan sekitarnya juga dapat dilakukan di atas bukit kapur di sisi kiri pantai. Wisatawan akan dikenakan tarif seikhlasnya untuk bisa menikmati panorama alam Pantai Sundak dan sekitarnya. Melalui tempat tersebut wisatawan akan leluasa menikmati pemandangan pantai dari ketinggian. Masih selalui tempat yang sama, wisatawan juga dapat melihat deretan pantai di Gunung Kidul. Tidak sekedar menawarkan panorama indah, tiket masuk ke Pantai Sundak pun dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu Rp. 5000,-. Selain bisa digunakan untuk masuk ke Pantai Sundak, tiket murah tersebut juga bisa digunakan untuk masuk ke enam pantai lainnya yang lokasinya bersebelahan dengan Pantai Sundak.

Sama halnya dengan tiket masuk ke Pantai Sundak, berbagai menu masakan berbahan dasar seafood juga dijajakan di sepanjang Pantai Sundak dengan harga yang murah. Pilihan menu seafood pun bervariasi mulai dari udang, lobster, tuna, dan lain sebagainya. Berbagai menu makanan tersebut dibanderol mulai dari Rp. 7000-an hingga puluhan ribu saja. Di samping itu, warung makan yang menjajakan aneka menu berbahan dasar seafood tersebut terletak di bibir pantai. Lokasi tersebut membuat wisatawan bisa menikmati lezatnya seafood sambil menikmati sepoi angin, pemandangan, dan juga suara debur ombak yang menenangkan.

_MG_1103
dok. pribadi

Jadi, tunggu apalagi? Yuk jalan-jalan ke Pantai Sundak!

Iklan

6 thoughts on “Jalan-Jalan ke Pantai Sundak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s