Malioboro

Malioboro, Keunikan yang Memikat

Berkunjung ke Jalan Malioboro membuat banyak orang sadar bahwa jalan ini bukan sekedar jalan biasa. Jalan Malioboro adalah jalan yang unik. Berbagai hal bisa kita temukan di jalan tersebut. Tidak sekedar hilir mudik kendaraan bermotor, Jalan Malioboro juga dipenuhi oleh kendaraan tradisional. Berbagai orang memenuhi jalan tersebut dengan bermacam-macam kepentingan yang berbeda satu sama lain. Selain itu di sisi kanan dan kiri jalan berbagai barang dagangan diperjual belikan. Lalu bermacam karya seni sebagai wujud kreativitas juga menghiasi berbagai sudut di Jalan Malioboro.

dok. pribadi
dok. pribadi

Jalan Malioboro memang memiliki banyak fungsi. Sebagai salah satu ikon Yogyakarta, Jalan  Malioboro berfungsi sebagai wadah kegiatan perekonomian. Berbagai aktivitas perekonomian berlangsung di jalan tersebut. Bukti bahwa aktivitas perekonomian terjadi di jalan tersebut tampak dari banyaknya pedagang yang menjajakan aneka barang dagangan mereka. Wisatawan dapat menemukan bermacam-macam barang mulai dari makanan, pakaian, aksesoris, dan lain sebagainya. Tidak hanya penjual barang, para penjual jasa pun memenuhi kawasan yang menempati garis imajiner antara Tugu dengan Kraton tersebut. Mulai dari jasa tukang parkir hingga jasa pengemudi becak dan andong bisa ditemukan di kawasan tersebut.

dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi
dok. pribadi

Selain berfungsi sebagai wadah kegiatan perekonomian, Jalan Malioboro juga berfungsi sebagai panggung atau galeri terbuka bagi para seniman. Hal ini terbukti dari banyaknya benda karya seni yang menghiasi sepanjang jalan tersebut. Melalui karya-karya yang dipanjang di sepanjang Jalan Malioboro tersebut seakan-akan para seniman tengah melakukan pameran. Mereka memamerkan berbagai benda yang unik yang mampu membuat Jalan Malioboro tampak kian cantik. Tidak sekedar menambah kesan cantik, namun dengan adanya berbagai benda unik bercita rasa seni tersebut membuat Jalan Malioboro seakan terbuka bagi siapa saja yang ingin mengekspresikan diri di sana.

dok. pribadi
dok. pribadi

Jalan Malioboro memang memiliki keunikan dan daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Berbagai fungsi yang dimiliki oleh jalan tersebut membuat Jalan Malioboro berkarakter kuat. Dia tidak hanya berfungsi sebagai tempat transaksi jual beli terjadi, namun juga tempat untuk berekspresi. Keunikan Jalan Malioboro membuatnya menjadi tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan. Kata banyak orang, “belum ke Yogyakarta kalau belum mampir ke Malioboro.”

Iklan

3 thoughts on “Malioboro, Keunikan yang Memikat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s