Kuliner · Yogyakarta

Kopi Unik yang Nikmat

Secangkir kopi pahit atau kopi susu panas mungkin sudah biasa. Namun kopi yang dijual di lapak angkringan sepanjang Stasiun Tugu Yogyakarta ini berbeda. Tidak seperti kopi pada umumnya, kopi ini memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas yang tidak bisa ditemukan pada kopi-kopi lain yang dijual di luar kawasan ini atau pun kopi rumahan. Kopi yang dijual di lapak angkringan tersebut terkenal dengan sebutan kopi joss.

Sesuai dengan namanya, kopi joss merupakan kopi dengan suara “joss.” Suara tersebut berasal dari pertemuan arang panas dengan air. Arang yang berwarna kemerah-merahan karena efek dibakar tersebut langsung dimasukan ke dalam gelas berisi kopi hitam maupun kopi susu. Bagi orang yang belum mencobanya pasti mempertanyakan rasanya. Padahal kopi tersebut memiliki cita rasa dan sensasi yang unik di lidah.

dok. pribadi
dok. pribadi

Di balik cita rasa unik nan nikmat, kopi joss memiliki sejarah yang tidak semua orang mengetahuinya. Salah seorang penjual kopi joss di lapak angkringan seputar Stasiun Tugu menjelaskan bahwa kopi joss sudah ada kurang lebih sejak tiga puluh tahun silam. “Katanya awal mula kopi joss itu berasal dari usulan seorang pembeli kopi di angkringan Lek Man,” tutur Ita. Lek Man menurut Ita merupakan salah seorang pemilik angkringan setempat yang saat ini sudah pensiun dari pekerjaannya sebagai penjual kopi joss. Konon pada saat itu sang pembeli di lapak angkringan Lek Man menyarankan untuk menyampurkan arang panas ke dalam kopi agar kopi yang dijual pada lapak tersebut lain daripada yang lain. Kemudian sejak saat itulah kopi joss mulai terkenal di daerah seputar Stasiun Tugu Yogyakarta hingga detik ini.

dok. pribadi
dok. pribadi

Saat ini menu kopi dicampur arang panas ini merupakan menu andalan lapak-lapak angkringan di seputar Jalan Mangkubumi hingga Stasiun Tugu Yogyakarta. Nama dan campuran kopinya yang unik membuat para wisatawan atau pun para mahasiswa perantauan penasaran ingin mencicipi kenikmatannya. Benar saja, kopi joss ini memang memiliki rasa yang nikmat. Apalagi kopi joss juga dijual dengan harga yang ramah di kantong. Cukup dengan uang Rp. 4.500,- kita sudah bisa mendapatkan segelas kopi hitam joss. Lalu dengan uang Rp. 5000,- kita sudah bisa mendapatkan segelas kopi susu joss. Harga yang murah tersebut tentu menjadi magnet tersendiri bagi siapa saja untuk mencicipinya.

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi kopi joss bisa datang ke daerah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Di kawasan tersebut terdapat banyak lapak angkringan yang menyediakan menu unggulan kopi joss. Lapak-lapak angkringan yang menyajikan menu minuman unik tersebut biasanya buka mulai pukul lima sore hingga pukul dua malam pada hari kerja. Kemudian pada malam Minggu, long weekend, dan liburan panjang lapak-lapak tersebut akan buka hingga pukul empat dini hari. Jadi tunggu apalagi? Jangan ngaku sudah jalan-jalan di Yogyakarta kalau yang dicicipi baru gudeg saja. Minuman kopi dicampur arang ini pun menjadi salah satu menu andalan yang wajib dicoba.

Iklan

6 thoughts on “Kopi Unik yang Nikmat

  1. Wah, baru tahu saya kalau nama Angkringan Joss di sekitar stasiun tugu itu asal muasalnya dr nama menu Kopi Joss. Sayang sekali saya tdk mencoba mencicipinya -karena tidak tahu-, saat ke Jogja tahun lalu. Waktu itu sy hanya minum susu coklat panas 😉

    Disukai oleh 1 orang

    1. Iya dan ternyata penemuan menu ‘kopi joss’ sendiri bermula dengan hal sepele hehe. Tapi siapa menyangka dr hal sepele jadi khas begini. Waaah dulu kopi susunya nggak dikasih arang? padahal manteb lho. Besok kalau ke Jogja kudu nyobain 😀
      thanks udah mampir

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s