Kuliner · Yogyakarta

Angkringan Kopi Joss Ikon Wisata Kuliner Yogyakarta

dok. pribadi
dok. pribadi

Ada satu tempat wisata kuliner yang tidak boleh terlewatkan bila Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta. Tempat ini menjual aneka menu makanan dan minuman dengan harga yang cukup murah. Berbeda dengan tempat makan pada umumnya, di tempat ini Anda dijamin kenyang walau hanya bermodal Rp. 10.000,- saja.

Berlokasi di sepanjang sisi utara Stasiun Tugu Yogyakarta, Anda bisa menemukan banyak warung tenda berjejer. Warung-warung tenda tersebut tampak menjual makanan yang seragam. Warung-warung tersebut merupakan angkringan kopi joss. Angkringan kopi joss setiap harinya mulai beroperasi pada pukul lima sore hingga dini hari. “Pada hari biasa buka sampai jam dua malam, tetapi saat liburan dan long weekend bisa sampai jam empat pagi,” tutur Tio salah seorang pemilik angkringan.

Angkringan kopi joss memiliki banyak ciri khas yang membedakannya dengan warung tenda lainnya. Salah satu yang khas dari angkringan kopi joss adalah menunya. Menu-menu yang ditawarkan oleh warung angkringan ini sangat beragam. Pembeli bisa menemukan nasi dengan beragam pelengkapnya di sini. Berbagai nasi dengan beragam pelengkapnya tersebut antara lain, nasi sambal teri, nasi oseng mercon, nasi oseng usus, nasi oseng jamur, dan lain sebagainya. Selain nasi angkringan juga menyediakan aneka lauk pauk berupa sate dan gorengan. Aneka ragam menu sate bisa ditemukan di sini. Beragam menu sate tersebut di antaranya adalah sate ayam, sate paru, sate telur puyuh, sate kerang, sate usus, dan masih banyak lainnya. Lalu pelengkap berupa gorengan juga tersedia mulai dari tempe goreng, tahu, bakwan, dan lain sebagainya. “Selain makanan, ada menu spesial lain di angkringan ini,” ungkap Tio. Menu spesial yang diungkapkan Tio tersebut adalah minuman kopi yang dicampur dengan bara panas atau biasa di sebut kopi joss. Namun bagi yang tidak suka kopi, angkringan kopi joss juga menyediakan menu minuman lain seperti es teh, es jeruk, es tape ketan, dan banyak lainnya. Menu-menu makanan dan minuman tersebut dijual dengan harga yang cukup murah dengan kisaran mulai Rp. 1.000,- hingga Rp. 5.000,-.

dok. pribadi
Aneka macam nasi kucing | dok. pribadi
Aneka Sate | Dok. pribadi
Aneka Sate | Dok. pribadi
kopi susu joss | dok. pribadi
kopi susu joss | dok. pribadi

Beragam menu makanan dan minuman yang dibanderol dengan harga murah menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja. Wisatawan maupun warga sekitar selalu membanjiri lapak-lapak angkringan di seputar Stasiun Tugu ini setiap malam. “Biasanya banyak wisatawan itu saat masa-masa liburan, kalau hari-hari biasa banyak mahasiswa atau warga sekitar,” jelas Tio. Angkringan kopi joss memang tidak sekedar tempat makan, tetapi sekaligus tempat untuk berkumpul bagi semua kalangan. Populernya angkringan kopi joss di semua kalangan tersebut membuat angkringan tidak pernah sepi pembeli. Oleh karena itu angkringan kopi joss patut disebut sebagai ikon wisata kuliner di Yogyakarta. Terlebih bagi orang-orang yang bukan warga Yogyakarta pasti penasaran untuk mencicipi menu-menunya.

Iklan

6 thoughts on “Angkringan Kopi Joss Ikon Wisata Kuliner Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s