Yogyakarta

Wisata Malam Alun-Alun Selatan

Hari sudah gelap, tetapi Jogja tetap tidak kehilangan pesonanya. Kota ini tetap hidup. Tetap menarik walau malam tiba. Seperti langit bertabur bintang, kota ini selalu punya daya tarik untuk ditelusuri setiap sudutnya.

Malam tiba bukan berarti petualangan menyusuri Jogja berakhir. Masih ada beberapa tempat wisata menarik yang hanya bisa dikunjungi pada malam hari. Salah satu wisata malam di Jogja ini adalah menikmati udara malam di Alun-Alun Selatan.

Setiap malam tiba, Alun-Alun Selatan selalu menarik perhatian siapa saja. Tempat ini selalu dipenuhi oleh kendaraan nyentrik dengan bentuk lucu dan dipenuhi cahaya lampu warna-warni. Kendaraan nyentrik tersebut dikenal dengan sebutan becak tandem. Jangan membayangkan becak tandem ini berwujud seperti becak, sebab kenyataannya bentuk kendaraan tersebut lebih unik daripada becak. Ada yang berbentuk sepeda kayuh tiga, ada pula yang berbentuk menyerupai mobil. Namun, kenderaan ini dikemudikan dengan kayuhan kaki sang pengendara sekaligus penumpang. Jadi kerjasama sangat penting ketika mengendarai kendaraan unik yang disewakan hanya di seputar Alun-Alun Selatan ini.

dok. pribadi | Warna-warni dan uniknya becak tandem.
dok. pribadi | Warna-warni dan uniknya becak tandem.

Harga sewa becak tandem dalam sekali putaran (mengelilingi Alun-Alun Selatan) dipatok antara Rp. 25.000,- sampai dengan Rp. 30.000,-. Harga sewa menyesuaikan dengan bentuk dan kapasitas kendaraannya. Pada umumnya satu becak tandem bisa dinaiki oleh tiga hingga empat orang sehingga harga yang ditawarkan pun worth it dengan kapasitas serta keseruan yang ditawarkannya.

Bukan hanya becak tandem, di Alun-Alun Selatan ini juga terdapat pohon beringin kembar yang terkenal digunakan untuk masangin. Masangin merupakan uji melewati celah antara dua pohon beringin. Celah di antara dua beringin tersebut cukup lebar sehingga melewatinya seakan-akan mudah. Namun, kenyataannya melewati celah tersebut cukup sulit. Sangat jarang ada orang yang bisa melewati celah tersebut. Lalu menurut mitos yang beredar, hanya orang yang memiliki hati bersihlah yang bisa melewati celah di antara dua pohon beringin tersebut. Masangin ini masih banyak menarik perhatian para pengunjung Alun-Alun Selatan hingga saat ini. Hal ini terlihat dari antusiasme pengunjung untuk mencoba permainan ini. Bahkan ketika tanah becek pun masih ada yang berminat mencoba masangin.

Salah satu pengunjung yang mencoba masangin. dok. pribadi | Meskipun becek, tetap semangat mencobanya! :D
dok. pribadi | Salah satu pengunjung yang mencoba masangin. Meskipun becek, tetap semangat mencobanya! πŸ˜€
dok. pribadi | Suasana makan di bawah langit langsung.
dok. pribadi | Suasana makan di bawah langit langsung.

Setelah mencoba mengendarai becak tandem, jalan-jalan, dan mencoba masangin, maka kini tiba saatnya untuk mengisi perut dengan kudapan lezat. Ada menu unggulan yang ditawarkan oleh para penjual makanan di Alun-Alun Selatan ini yaitu, jagung bakar. Jagung bakar tersebut akan terasa kian nikmat ketika dinikmati dengan duduk lesehan di bawah gelapnya langit malam. Cahaya bintang dan lampu-lampu temaram seakan menjadikan jagung bakar tersebut terasa lebih lezat berkali lipat. Terlebih lagi bila menyantapnya kala hangat bersama semangkuk wedang ronde. Malam di Alun-Alun Selatan terasa semakin menyenangkan.

Jadi, tertarik kah Anda mampir kemari? πŸ˜€

Iklan

10 thoughts on “Wisata Malam Alun-Alun Selatan

  1. Saya pribadi masih penasaran sama alun2 selatan, terutama penjual cilok yang mangkal dekat kandang gajah. Kok selalu laris ya? Pingin saya ikut ngantri tapi karena yg beli kebanyakan wanita, jadi urung niat saya…

    Suka

  2. Jogja terlalu padet buatku mak. Kalau mudik ke Jogja, kita malah mlipir. Ke alun2 selatan juga malem seperti itu krn sore banyak banget anak kecilnya πŸ˜€

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s