JEPANG · Kuliner

Makan Sehat Ala Orang Jepang

Dari sekian banyak hal yang menarik tentang Jepang, satu yang paling mengesankan bagi saya adalah bagaimana mereka mengatur pola makan. Mulai dari frekuensi makan yang pasti 3 kali sehari pada jam yang selalu sama hingga menu makan mereka yang menurut saya bisa dibilang sehat banget.

_MG_1394

Selama tinggal di Jepang kemarin, setiap hari menu makanan saya bisa dipastikan selalu mengandung gizi yang seimbang. Kalau istilah Indonesia-nya 4 sehat 5 sempurna. Awalnya saya kira makan sehat seperti ini hanya karena kita makan di restoran, tapi ternyata nggak.

Saat dua hari tinggal bersama host family, menu makan saya sama sehatnya dengan saat makan di restoran. Bahkan host fam saya menjelaskan tiap makanan yang saya makan itu punya fungsi baik untuk tubuh. Misalnya seperti menu sarapan saya ini:

DSCF3651

Menurut Maya-san, roti bakar madu tersebut berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang artinya berguna untuk menyediakan energi bagi tubuh. Lalu makanan yang di mangkuk kecil sebelah kiri roti bakar itu adalah buah prunee. Buah prunee punya khasiat sebagai penambah darah dan suplemen stamina alami. Kalau menurut Oca (temen se-host fam) sih agar kita-nya kuat diajak jalan kaki jauh lagi. haha. Terus di sebelah kanan roti bakar ada yogurt. Seperti yang kita tahu, yogurt ini fungsinya untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kecantikan kulit. Terakhir, ada cup berisi cappucino panas. Yang terakhir ini pas banget untuk menghangatkan badan. Secara Minggu (1/3) pagi itu suhu di Ashiya-shi, Kobe hanya 5 derajat celcius.

Mochi Panggang Tabur Gula Kacang, Mochi Panggang Nori, Yogurt, & Secangkir Broke Tea.
Mochi Panggang Tabur Gula Kacang, Mochi Panggang Nori, Yogurt, & Secangkir Broke Tea.

DSCF3615

Kebayangkan kan gimana sehatnya menu makan saya pas di Jepang. Nah, selain menu sarapan tersebut, menu-menu lainnya juga sama sehatnya. Yang jelas di Jepang saya berasa nggak makan micin karena makanan di sana jarang yang gurihnya nampol seperti di Indonesia. Bukan itu saja, di sana saya juga jarang makan gorengan. Bisa dihitung pakai jari berapa kali saya makan goreng-gorengan semacam katsu gitu. Makanya nggak heran orang-orang Jepang jarang yang mengalami obesitas. Gimana mau obesitas kalau makanan mereka sebagian besar bukan gorengan dan ditambah setiap hari jalan kaki berkilo-kilo meter.

_MG_1264 _MG_1265

3 macam makanan untuk sekali makan
3 macam makanan untuk sekali makan

Satu hal yang sama nggak sehatnya pola makan orang Jepang dengan Indonesia adalah makan mie bersama nasi. Udah itu aja. Selain itu, menu makanan mereka ya sesehat seperti yang sudah saya ceritakan di atas. Kalau pengen hidup sehat, sepertinya bisa deh mencontek pola makan ala orang Jepang ini, tertarik? 🙂

Iklan

2 thoughts on “Makan Sehat Ala Orang Jepang

    1. Nggak tahu mbak hehe, sepertinya nggak. Soalnya di Jepang home decor rotan-rotan gitu banyak. mungkin cuma import bahan hihi. Nggak juga mbak, dalam sehari kita pasti makan nasi kok. Dan walau keliatan dikit tapi itu semua ngenyangin banget hehe

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s